Most of us forget to take time for wonder, praise and gratitude until it is almost too late. Gratitude is a many-colored quality, reaching in all directions. It goes out for small things and for large; it is a God-ward going.

― Faith Baldwin, Many Windows, Seasons of the Heart

Yakin kamu orang yang peduli?

“everybody-even monsters-needed a little attention once in a while.”

-Rick Riordan, The lightning thief.

UN=stress buat anak senior=libur buat junior.

Dan saya kebetulan masih junior!.

Yak, liburan UN yang meskipun cuma sebentar ini gue manfaatkan dengan piknik bareng teman sekelas. Tapi, kita piknik ke tempat yang gak biasa.

Bingung?. Kita pergi ke sebuah panti di daerah Cimanggis.

image

Kita dateng sekitar jam 11. Kebetulan pas konfirmasi ke sana, kita kebagian jam segitu. Soalnya, ada 2 rombongan lain yang dateng pas dihari yang sama.

Begitu dateng, ada someone yang “menyambut” kedatangan kita.

Kenalkan, namanya Iwan.

image

Agak grogi juga sih, begitu dideketin sama Iwan. Takut dicolek-colek apa dipukulin. Apalagi agak susah waktu diajak ngobrol. Tapi dia begitu karena emang agak sulit mendengar dan kelainan mental.

Nah, begitu dateng kita disuruh duduk dan dikasih pengarahan sama ibu-ibu pengurus panti ini. Setelah pengarahan dan tanya jawab, kita langsung muter-muter keliling panti.

Menurut ibu pengurus pantinya, jumlah penghuni panti ini ada 31 orang, 19 laki-laki, 11 perempuan.

Nah, waktu kita muter-muter. Ada guidenya loh. Namanya Yonas. Dia ini anak panti juga. Dari umur sekitar 4 atau 5 tahun udah tinggal disini. Sementara umurnya sekarang udah sekitar 20 tahun.

image

*Hai Yonas!*

Yonas ini anaknya agak genit juga. Soalnya, waktu pas makan siang dia minta disuapin sama temen gue padahal menurut pengurus panti dia bisa makan sendiri. Udah gitu, begitu temen gue yang lain nawarin buat nyuapin Yonas, dianya gak mau. Modus banget -__-“

image

*makannya udah kayak kuli :P*

Tapi sebelum Yonas makan, gue sempet muter-muter dulu kebeberapa ruangan. Dan, ini yang gue dapet.

image

*Nyanyi lagu kebangsaan buat suasana kayak gini. Dmasiv : Jangan menyerah*

image

Nah, ini Dimas. Anak panti juga, agak hyperaktif trus ngocol. Temen gue aja dicolek trus ditarik bajunya. Tapi dia baik kok.

image

Ini Wulan..

image

Kalo dia, sebenernya anak normal. Tapi, gara-gara keserempet jadi kelainan mental. So tolong hati-hati ya!

image

Kalo ketemu penghuni panti yang tangannya dibungkus, itu maksudnya supaya dia gak nyakar atau mukulin dirinya sendiri.

image

image

image

image

image

image

Oya! sampe lupa. Ada loh, ibu-ibu yang tahan ngurusin anak-anak disini selama 30 tahun! hebat kan?. Dan kalo ngurusin tuh harus bener-bener ekstra sabar. Apalagi semuanya butuh perhatian khusus. Salut!

image

Nah, sekarang rekreasi kita selesai. Say goodbye buat semuanya!

image

Dah Yonas!!.

Gue jadi mikir, selama ini gue sering banget ngelakuin hal-hal yang gak berguna padahal gua punya kelebihan. Sayangnya kelebihan itu gak gue manfaatin dengan sebaik-baiknya.

Gue juga ngerasa, suka gak peduli sama lingkungan disekitar gue. Padahal gue ini makhluk yang gak pernah bisa hidup sendiri. Jadi, peringatan juga buat gue, tolong jangan pernah menyia-nyiakan kasih sayang dari orang-orang disekitar lo sebelum semuanya sirna.

Dan lagi, apapun sifat dan rupa orang disekitar lo tolong jangan pernah intimidasi mereka. Karena semua udah takdir dari tuhan dan manusia dilahirkan dengan keunikannya masing-masing. Hargai setiap perbedaan! ini negara demokrasi kan?

Pernahkah kau mengira kalau dia kan sirna
Walau kau tak pernah percaya dengan sepenuh jiwa

Rasa kehilangan hanya akan ada
Jika kau pernah merasa memilikinya

Memiliki Kehilangan - Letto

Semua di dunia ini hanya angan-angan. Jangan terlalu dicintai, karena dengan mudah ia kan sirna